PENGENALAN KOMPONEN KOMPUTER

Komponen-komputer-dan-fungsinya.png

Komponen Komputer dan Fungsinya, haloo sobat di tulisan ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang komponen komputer beserta fungsinya, saya menjelaskan kepada yang belum mengerti tentang komputer dan ingin mempelajari komputer.

Jika anda mempunyai sebuah komputer atau PC, alangkah baiknya anda mengenal apa saja komponen-komponen yang ada di dalamnya dan digunakan dalam sebuah sistem operasi komputer tersebut.

Selain untuk mengenalkan komputer pada pengetahuan dalam bidang Teknologi ini, kita juga bisa mengetahui fungsi dari komponen yang ada dalam sebuah operasi komputer. Bagi yang sudah hafal dan mengerti, mungkin akan sangat gampang mengetahui apa fungsi dari komponen-komponen dalam sebuah komputer.

Namun bagi yang baru mengenal komputer, pasti akan kebingungan mengenali komponen-komponen dalam komputer dan fungsinya. Maka dari itu, pada kesempatan hari ini, saya akan menjelaskan beberapa komponen pada komputer berserta fungsinya.

Artikel Terkait : Langkah-langkah Cara Merakit Komputer

KOMPONEN KOMPUTER DAN FUNGSINYA Komputer memiliki beberapa komponen penting dan fungsi yang berbeda, langsung saya saya akan membahas satu persatu tentang isi di dalam komputer beserta fungsi masing-masing, ada beberapa part yang harus di perhatikan untuk para pemula saja, Komponenya sebagai berikut :

  1. Motherboard : Motherboard merupakan komponen untuk menancapkan komponen-komponen komputer lain seperti hardisk, RAM, Processor dan lainya untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen komputer lainnya. Dan setiap motherboard mempunyai jenis spesifikasi masing-masing seperti processor yang didukung, kapasitas RAM dan lainnya.
  2. Processor : Processor dapat diartikan sebagai Otak komputer. Sebab prosessor (CPU) berfungsi untuk menjalankan dan melakukan semua proses pengolahan data dan perhitungan-perhitungan. Jika anda berniat membeli processor baru hendaknya harus mengetahui processor apa yang cocok atau yang digunakan Motherboard komputer kalian.
  3. RAM (Random Access Memory) : RAM adalah sebuah komponen komputer untuk menyimpan data sementara saat komputeq digunakan. Sebelum membeli RAM periksa dulu RAM apa yang cocok dengan Motherboard komputer, karena RAM sendiri memiliki beberapa jenis dan type yang berbeda seperti DDR1 , DDR2, DDR3 dan type ram untuk komputer PC atau Notebook pun berbeda. jika untuk PC jenis ram agak besar tetapi jika untuk laptop atau notebook agak kecil.
  4. Video Card : Video Card adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasillan atau menampilkan output gambar pada layar Monitor. Sebelum Membeli slot Video Card periksa dulu slot Video Card apa yang cocok dengan Motherboard komputer kalian. Apakah slot AGP, PCI, PCI Expres, PCI-X, atau lainnya.
  5. Sound Card : Soumd card merupakan komponen komputer untuk menghasilkan audio atau suara, secara input atau output. Komponen ini sudah terpasang pada onboard pada motherboard-motherboard model baru.
  6. Hardisk : Hardisk merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan semua data pada komputer. Kapasitas penyimpanan hardisk tergantung jenis dan jumlahnya. Contoh jenis hardisk yang sering digunakan seperti IDE(ata), SATA, SCSI atau jenis lainnya, jenis hard-disk ini pun ada 2 macam untuk type komputer pc atau notebook, seperti pada ukuran yaitu 2,5in untuk jenis hdd notebook, jika ukuran 3,5in untuk hdd komputer pc.
  7. Optical Disc Drive : Optical disc drive ini merupakan salah satu komponen komputer tambahan, walaupun tanpa komponen ini komputer dapat menjalankan program. Komponen ini mempunyai fungsi menonton film, instal progran dan segalanya tersimpan di dalam sekeping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini dapat berbentuk DVD-ROM, CD-ROM, blue ray, DVD-RW, atau lainnya.
  8. Monitor : Monitor atau disebut juga layar komputer merupakan komponen komputer untuk menampilakan gambar yang dihasilkan oleh Video card. Monitor mempunyai 2 jenis, jenis tabung dan jenis LCD, Namun zaman sekarang orang cendrung menggunakan monitor jenis LCD .
  9. Keyboard : Keyboard merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk menginput data huruf yang berupa tombol pengetikan pada komputer. Zaman sekarang keyboard dapat dibagi menjadi 2, keyboard fisik dan keyboard hologram.

10 Mouse : Mouse merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk menggerakan cursor (anak panah) untuk memilih program atau perintah yang akan dijalankan pada komputer, mouse ini ada dua jenis yaitu wireless dan biasa.

  1. Power Supply : Power supply merupakan komponen komputer yang berfungsi mensuplay arus listrik ke komponen-komponen komputer seperti motherboard, hardisk dan lainnya, untuk power supply ini juga banyak macam nya, beda mungkin dari whatt yang ada pada power supply tersebut, ada yang memiliki whatt 350w, 450w, 500w dan mungkin masih banyak lagi.
  2. Casing : Casing merupakan sebuah komponen komputer untuk menempatkan dan melindungi seluruh komponen-komponen yang ada pada komputer, untuk jenis casing ada banyak memiliki type dan jenis dan pada fungsinya semua sama saja.

Sekarang sudah mengerti bukan setelah saya menjelaskan tentang komponen komputer beserta fungsinya, semoga mudah di mengerti dan bermanfaat untuk kalian yang ingin belajar tentang komponen komputer dan fungsinya.

Tinggalkan komentar